Rabu, 01 Oktober 2014

Contoh Makalah Laporan Study Tour Malang

KATA PENGANTAR

Assalamualikum Wr. Wb,

Pertama-tama saya ucapkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan perjalanan Study Tour ke kota Batu, Malang kelas VII-VIII SMP Negeri 1 Genteng tahun ajaran 2013/2014.
Dalam laporan ini saya akan menjelaskan tentang perjalanan dan kegiatan serta tempat yang menjadi tujuan Study Tour.
Lewat laporan ini juga saya ucapkan terima kasih khususnya kepada Bapak/Ibu guru SMP Negeri 1 Genteng yang telah mendampingi saya dengan teman-teman dalam kegiatan Study Tour. Serta semua pihak yang telah membantu berjalannya kegiatan Study Tour ini, sehingga dapat berjalan dengan baik.

Glenmore, 21 April 2014
                                                                                                   Penyusun

Nabilla Salsabihanum 8C

DAFTAR ISI

Judul Laporan......................................................................................................1
Kata Pengantar....................................................................................................,2
Daftar Isi.............................................................................................................3
BAB I
Pendahuluan.......................................................................................................4
Latar Belakang dan Tujuan..................................................................................4
Persiapan dan Waktu Keberangkatan...................................................................4
            BAB II
Isi dan Pembahasan............................................................................................4
Rumah Makan Green Palm.................................................................................4
Eco Green Park.................................................................................................5
Jatim Park 2......................................................................................................6
Pusat Oleh-oleh.................................................................................................7
Rumah Makan Tongas.......................................................................................7
Perjalanan Pulang..............................................................................................7
            BAB III
Penutup...............................................................................................................8
Kesimpulan..........................................................................................................8
Saran...................................................................................................................8
Lampiran-lampiran................................................................................................9

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang dan Tujuan

Latar belakang kegiatan tersebut berdasarkan program kasiswaan tahun pelajaran 2013/2014, dengan tujuan sebagai berikut:
1)    Memberikan pengalaman dan menambah wawasan siswa di luar sekolah
2)    Melatih kerjasama dan tolong menolong antar siswa
3)    Melatih siswa untuk membuat laporan/ sebuah makalah
4)    Melatih dan meningkatkan aspek pengembangan diri siswa dalam pembelajaran

B.     Persiapan dan Waktu Keberangkatan

Semua siswa kelas VII-VIII SMP Negeri 1 Genteng berkumpul di Toko Vionata tanggal 16 April 2014, pada pukul 19.00 WIB untuk diberikan pengarahan, absen/cek siswa, dan persiapan lainnya.
Adapun waktu pelaksanaannya yaitu:

Keberangkatan dari kota Genteng-kota Batu, Malang  :
                                                                Tanggal 16 April 2014,                                                                                                     pukul 20.00 WIB.
Diperkirakan sampai di kota Batu, Malang                  :
                                                                Tanggal 17 April 2014,                                                                                                     pukul 04.00 WIB.

BAB II

ISI DAN PEMBAHASAN

Mengenal objek wisata dan tempat beristirahat yang dikunjungi

1)    Rumah Makan Green Palm
Saya beserta rombongan SMP Negeri 1 Genteng tiba di Malang sekitar pukul 04.00 pagi dan langsung meuju Rumah Makan Green Palm untuk melakukan kegiatan pribadi, shalat Shubuh dan makan pagi.

1.1  Profil Rumah Makan Green Palm
Rumah Makan Gree Palm merupakan salah satu tempat makan yang berada di kawasan Kota Wisata Batu. Resto ini menghadirkan aneka varian menu yang dijamin akan membuat lidah orang Asia, khususnya Indonesia menjadi ketagihan untuk makan di Rumah Makan Green Palm ini. Beragam varian menu yang tersaji di Rumah Makan Green Palm ini memang khususnya berupa makanan khas Asia, seperti menu Tradisional Indonesia dan juga Chinesse Food.
Lokasi Rumah Makan Green Palm sendiri pun sangat mudah untuk Anda temukan karena keberadaanya yang cukup mencolok dan berdekatan dengan pintu masuk Taman Rekreasi Jawa Timur Park 1. Tempatnya yang cukup luas dengan fasilitas area parkir yang memadai semakin membuat Rumah Makan Green Palm ini menjadi salah satu jujukan para penikmat kuliner Malang Raya dan sekitarnya.
Tidak hanya itu saja Rumah Makan Green Palm juga menyediakan fasilitas pendukung lainnya seperti mushola yang dapat digunakan untuk para pengunjung yang kebetulan datang ketika waktu sholat telah tiba, dan sebuah toko kecil yang berisikan oleh-oleh khas Malang.
2)   Eco Green Park
Setelah mandi, shalat Shubuh dan makan pagi, saya beserta rombongan menuju Eco Green Park untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran pertama.
Di sana saya dan beberapa teman saya mamilih untuk mengikuti pembelajaran Biologi, karena di tempat tersebut didominasi oleh berbagai macam satwa endemik Indonesia maupun satwa dari negara-negara tetangga.
Beberapa hewan yang saya ditemui di Eco Green Park yaitu : burung Rangkok, Elang, burung Hantu, Jalak Bali, Parkit, Merak Putih, burung Unta, Ular, Buaya, berbagai macam bebek di Duck Kingdom dan masih banyak lagi.
Di sana saya dapat menemukan banyak sekali permainan dan pengetahuan. Mulai dari Miniatur Candi di seluruh Jawa, Insectarium, Walking Bird, Music Plaza, Jungle Adventure, World of Parrot, Duck Kingdom, Rumah Terbalik, Water Track, Geology, sampai Dome Multimedia. Tak hanya sekedar melihat saja, di sana saya dan teman-teman juga dapat berinteraksi langsung dengan satwa-satwa seperti burung merak, burung beo, burung elang, bahkan saya bertemu dengan Bumble Bee dan Optimus Prime di akhir perjalanan saya di Eco Green Park.

2.1Profil Eco Green Park

Salah satu tempat Wisata terbaru di Kota Batu yaitu Eco Green Park Batu Malang.  Eco Green Park ini berlokasi di  Jl. Oro-oro Ombo no 9A Kota Wisata batu berjarak 30 km dari Kota Malang. Eco Green Park terletak kompleks dengan Jatimpark 2 dan 5 menit dari Jatimpark 1. Eco Green Park menyediakan tempat wisata bertema Study and Fun dan bernuansa alam sehingga udara disana masih terasa segar dan sangat alami, ditambah lagi dengan pemandangan Kota Batu yang sangat indah.Sedangkan Wahana Wisata yang di sediakan di Eco Green Park antara lain : Kompleks Miniatur Candi-candi terkenal di seluruh Jawa, Bird Show, Boom Boom Boat Basmi Hama, Carnivor Garden, Dome Multimedia, Duck Kingdom,  Eco Food Court, Eco Journey, Fish Teraphy, Insectarium, Jungle adventure, Memberi Makan Burung, Music Plaza, Pasar Burung, Pembelajaran Pengolahan Susu, Pembelajaran Eco sains Center, Pembelajaran Hidroponik Strawberry dan Jamur, Pembelajaran Pengolahan Limbah, Perkebunan Sayur, Penangkaran berbagai Macam Burung, Perikanan Koi, Rumah Terbalik, Walking bird, Water Track, World of Parrot, World of Pheasant.

3)    Jatim Park 2
Setelah selesai berkeliling di Eco Green Park, saya dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Jatim Park 2 yang letaknya tak jauh dari Eco Green Park. Di Jatim Park 2 saya dapat menemukan lebih banyak satwa. Selain menambah pengetahuan, saya dan teman-teman dapat bermain di zona bermain yang ada di sana. Terdapat juga sebuah museum yang berisikan hewan-hewan yang telah diawetkan dan ditata sedemikian rupa sehingga terlihat menarik.

3.1 Profil Jatim Park 2

Jatim Park adalah sebuah tempat rekreasi dan taman belajar yang terdapat di Kota Batu, Jawa Timur. Obyek wisata ini berada sekitar 20 km barat Kota Malang, dan kini menjadi salah satu icon wisata Jawa Timur. Obyek wisata ini memiliki 36 wahana, diantaranya kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring), spinning coaster, dan drop zone. Wahana pendidikan yang menjadi pusat perhatian diantaranya adalah Volcano dan Galeri Nusantara yang juga terdapat tanaman agro, diorama binatang langka, dan miniatur candi-candi.

4)    Pusat Oleh-oleh
Setelah kagiatan selesai, dari Jatim Park 2 saya beserta rombongan menuju tempat pusat oleh-oleh yang tak jauh dari tempat sebelumnya. Saya dan teman-teman disana membeli beberapa oleh-oleh. Tempat pusat oleh-oleh yang saya kunjungi cukup luas.

5)    Rumah Makan Tongas
Kemudian saya dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Rumah Makan Tongas di Probolinggo untuk makan malam. Karena tempatnya cukup jauh, saya dan teman-teman menyempatkan diri untuk beristirahat. Setelah sampai di Rumah Makan Tongas, saya dan teman-teman langsung menuju barisan untuk mengambil makan malam dan menikmatinya. Setelah itu saya menuju mushollah menunaiakan shalat isya’.

5.1 Profil Rumah Makan Tongas
Rumah makan ini sangat terkenal. Biasanya dipakai tempat singgah sementara bagi para supir atau yang sedang perjalanan jauh. Parkirnya juga cukup luas. Sehingga bisa menampung banyak mobil. Bahkan perjalanan bus malam pun kerap berhenti disini. Desain rumah makan pun bagus dan membuat nyaman didalamnya. Disni juga disediakan toliet umum. Pelayanan disini pun cukup bagus. pelayan akan segera menghidangkan semua pesanan dengan cepat. Biasanya setelah pengunjung pergi meninggalkan meja, pelayan pun cepat-cepat membersihkan meja agar dapat dipakai setelahnya.Banyak menu yang ditawarkan disini. seperti rawon, soto, nasi goreng, mie goreng, ayam goreng, ikan goreng, dan lain-lain, selain itu, ada masakan ala jepang dan eropa juga

6)    Perjalanan Pulang
Sekitar pukul 21.00 WIB, saya dan rombongan pun pulang. Di perjalanan malam itu, banyak yang tertidur lelap. Mungkin karena mereka terlalu lelah dengan penuhnya kegiatan siang tadi.
Dan seperti yang diperkirakan, saya beserta rombongan sampai kota Genteng pukul 02.00 WIB dini hari. Namun saya tidak berhenti di kota Genteng. Karena rumah saya di Glenmore, maka saya memutuskan untuk berhenti di sana. Namun ternyata saya ketiduran dan baru dibangunkan oleh teman saya ketika bis telah melewati rumah saya. Akhirnya saya turun bersama salah satu teman saya di Wadung yang tak begitu jauh dari rumh saya. Kemudian saya dijemput ayah saya di sana.
Itu salah satu kejadian yang lucu namun juga memalukan yang tak mungkin saya lupakan. J

BAB III

PENUTUP

a)     Kesimpulan
Kesimpulan yang telah saya peroleh dari perjalanan Study Tour saya ke Malang yaitu : merupakan perjalanan yang menyenangkan dan berkesan, selain bersenang-senang disana banyak pelajaran, pengalaman dan ilmu pengetahuan yang dapat saya ambil, dan saya pelajari dan menjadi suatu kenang-kenangan dimasa SMP ini.
          b)   Saran
Saran saya, Perjalanan ini memang benar-benar melelahkan. Namun dibalik itu semua terdapat sebuah pengalaman yang tidak pernah akan saya lupakan. Pemandu wisata yang ramah dan mengasyikan, tempat-tempat wisata yang menakjubkan, serta guru pendamping yang setia mendampingi dan menjaga saya dan teman-teman,itulah yang tidak bisa saya lupakan. Mungkin kegiatan study tour ini tidak berjalan dengan apa yang saya bayangkan dan rencanakan, tapi saya maklumi semua ini. Karena rencana tidak selalu berjalan lancar. Saya hanya berharap semoga SMP Negeri 1 Genteng terus dan selalu mengadakan progam study tour ini, agar murid bisa menggali jauh lebih banyak pelajaran yang berada di tempat wisata. Dan semoga kegiatan ini bisa berjalan lebih lancar dan menarik lagi di tahun selanjutnya.