Rabu, 01 Oktober 2014

Penyakit Sirosis


PENYAKIT SIROSIS

Penjelasan       : Sirosis adalah salah satu contoh dari beberapa gangguan ekskresi pada manusia. Gangguan ini menyerang hati dalam tubuh manusia. Sirosis merupakan radang hati kronis yang dapat disebabkan karena konsumsi alcohol yang terus menerus sehingga menyebabkan nekrosis hati dan diganti dengan jaringan ikat. Dan dalam kondisi seperti ini, maka hati tidak dapat melakukan fungsinya.

Penyebab         : Gangguan ini disebabkan karena konsumsi alcohol yang terus menerus, konsumsi obat dalam jangka lama, kolestasis, dan faktor lainnya.

Gejala              : Gejala yang timbul umumnya adalah warna kulit tubuh menguning, kulit telapak tangan memerah, anemia, hilang nafsu makan, mudah lelah, dan gangguan pencernaan.

Pencegahan     : antara lain ; 1) Menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar, 2) Hindari penularan virus Hepatitis, 3) Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol, 4) Berhati-hati saat mendonor/mentranfusi darah.


KATA-KATA SULIT

·         JARINGAN IKAT                   : jaringan yang memilliki fungsi untuk mengikat dan menyokong bagian jaringan yg lain ; jaringan tulang sejati.
·         NEKROSIS SEL HATI                   : kematian sel-sel pada hati
·         KOLESTASIS                                : berkurangnya atau terhentinya aliran empedu.




0 komentar:

Posting Komentar